Social Icons

Pages

Friday, February 15, 2013

10 Hal yang patut diketahui tentang Virus Komputer

10 Hal yang patut di ketahui tentang Virus Komputer

       Banyak hal yang kadang mengaburkan definisi virus komputer yang sebenarnya. Pemahaman yang benar sangat di perlukan terutama oleh kalangan awam.Tak jarang karena definisi yang terlalu di besar-besarkan membuat orang sudah ngeri duluan untuk mengidupkan komputer. Agar tidak ada pemahaman yang salah dan anda tetap bisa mengoprasikan komputer dengan nyaman,10 pertanyaan di bawah ini bisa membantu menjelaskan apa dan bagaimana virus komputer.

    Virus komputer adalah sebuah progam kecil yang bisa menggandakan dirinya sendiri dalam media penyimpanan komputer. Virus juga bisa langsung ataupun tak langsung, menginfeksi, mengkopy maupun menyebar progam file yang bisa di eksekusi maupun program yang ada di sektor dalam sebuah media penyimpanan.Virus juga bisa menginfeksi file yang tidak bisa di eksekusi(file data) dengan menggunakan Macros. Intinya kemampuan menempel dan menulari pada sebuah progam virus juga bukanlah suatu kecelakaan perangkat komputer karena pada dasarnya penulis virus kebanyakn jago menulis progam komputer.


Mengapa di sebut Virus?


Uji coba kemampuan mereplika diri sendiri virus secara umum pertama kalinya di muncilkan pada 1960 utnuk membuktikan  sebuah teori yang di tulis pada 1949. Kata virus itu sendiri baru di gunakan pada 1984 oleh professor Fred Cohen yang artinya?suatu bentuk yang mampu mereplika dirinya sendiri? Virus komputer baru muncul beberapa tahun kemudian sekitar tahun 1986-1987. Julukan virus untuk komputer ini memang tepat karena adanya persamaan sifat  yang dimiliki. Virus komputer seperti juga virus dalam dunia biologi sama-sama memiliki kemampuan untuk mereplika dirinya sendiri, sama-sama berukuran kecil di banding korban yang diserang serta sama-sama butuh korban untuk tetap hidup.

  Apakah dampak penularan virus?

Semua virus komputer pada akhirnya selau minta bagian dalam ruang media penyimpanan. Sebagian lainya malah menyita ruang yang tersisa pada memori untuk mempengaruhi kinerja komputer. Sebagai tambahann beberapa virus juga dibuat untuk memunculkan dampak yang sangat buruk pdaa komputer korban hingga memacetkan kerja komputer serta merusak file yang lain. Beberapa virus yang lainnya juga membuat kinerja memori tdak stabil  atau membuat beberapa aplikasi tidak bisa berjalan semstinya. Beberapa virus yang di buat sekitar 8-5 tahun lalu malah memang sengaja di tujukan untuk merusak file yang lain.

Aplikasi anti virus yang paling sering di gunakan adalah :









0 comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text