Social Icons

Pages

Sunday, December 23, 2012

Pengertian Go Green

                  Pernahkah teman-teman mendengar istilah ‘Go green’  atau melihatnya tercetak di beberapa baliho di sudut jalan ?  Atau bahkan melihatnya tercetak di kaos seseorang ? Okelaaah teman......kebanyakan dari kita mungkin akan mengiyakan pertanyaan tersebut. Meskipun salah satu di antara kita mungkin melihat tulisan go green pada tempat dan kondisi yang lain.
Istilah go green beberapa tahun terakhir memang mulai marak dicantol dan berhasil bersenyawa dengan beberapa sendi penting dalam kehidupan kita. Sebut saja ilmu pengetahuan yang menjelma menjadi Green Science atau bidang ekonomi yang tak mau kalah dengan konsep terbarunya, Green Economy , dan masih banyak lagi teman.



                         Tentu ketenaran konsep go green belum finish sampai di situ.  Jiwa dan raga Go Green juga merasuki bidang-bidang lain. Salah satu contoh yang sedang booming nih kawan saat ini adalah Universitas Indonesia yang bervisi menjadi ikon Green Campus di negara kita. Namun tidak hanya di kalangan mahasiswa saja, saat ini sekolah-sekolah lain di indonesia juga turut membantu dalam melaksanakan perancanaan Go green tersebut. Termasuk teknologi  berbasis ramah lingkungan saat ini yang dengan bangga memperkenalkan diri sebagai Green Technology. Bahkan remaja di Indonesia pun ikut menyemarakkan euforia go green tersebut dengan membentuk Green Community (komunitas hijau), seolah-olah go green tersebut memang hak bagi apa dan siapa saja dan dimana saja teman jadi tak perlu izin atau membayar royalti segala. Asalkan pro terhadap lingkungan kata go green sudah menjadi barang halal untuk dilaksanakan. Ayolaah teman kita juga jangan mau kalah kan kita juga mau menjaga lingkungan kita di sekolah maupun di mana saja.... okee yok karena niat berawal dari diri kita sendiri mari kita niat dari sekarang juga untuk menjaga lingkungan agar tercipta Lingkungan Hidup Bersih dan Sehat :D hehehe

                                 Jadi apasih arti dan maksud dari " Go green " yuuk kita bahas disini ....
 
        Go green menurut saya dapat di jabarkan menjadi dua yaitu Go Green menurut istilah dan   Go Green menurut bahasa okee langsung saja yaa.
     Go Green secara istilah adalah tindakan penyelamatan bumi yang saat ini sudah mengalami pemanasan global akibat dari ulah diri kita sendiri. Dan pengertian Go green menurut bahasa adalah mengajak untuk peduli terhadap lingkungan dengan menciptakan lingkungan yang hijau. Untuk itu marilah kawan bertindak untuk menyelamatkan bumi yang kita tempati selama ini agar nyaman dan bersahabat seperti jaman nenek moyang terlebih dahulu. Coba bayangkan deh jika di lingkungan kita jika banyak pepohonan pasti rasanya akan berbeda dengan apa yang di rasakan kebanyakan orang hidup di kota, pasti suasananya akan sumpek , terlalu banyak polusi dan pastinya tidak sehat bukaan?   
Mungkin saat ini masalah di lingkungan kita adalah seperti pemakaian AC, semakin banyak nya kendaraan, penggunaan kantong plastik , pemakaian bahan kimia dan masih banyak lagi kawan. 

          Teman-teman tau tidak meski dikenal sebagai negara yang hijau dari sisi ketampakan alam- ternyata Indonesia menyimpan begitu banyak permasalahan lingkungan. Mungkin mulai dari permasalahan polusi udara, limbah, deforestasi, eutrofikasi, sampah, hingga permasalahan zat kimia pertanian. Dan semuanya masih sangat memprihatinkan sekali. Bagaimana tidak di lingkungan sekolah kita pun masih banyak sampah - sampah plastik yang tersebar di berbagai sudut ruang mana pun, betuul tidak kawan? walaupun saya sendiri juga kadang masih lupa membuang sampah plastik pada tempatnya hehe.... mungkin karena kurangnya kesadaran dalam  dari diri kita sendiri teman jadi masih suka buang sampah sembarangan deh... oke lanjut serius...  oiyaa teman, teman tau tidak kalau indonesia menggondol gelar sebagai negara dengan tingkat polusi udara tertinggi ketiga di dunia lhoo memperihatinkan bukan...... Nih aku kasih beberapa gambaran kawan tentang polusi udara : 





Nah itu dia kawan salah satu penyebab buruknya kualitas udara di indonesia yaaaak benar " Asap Pabrik " dengan mudah kan kawan mendapatkan suatu kejadian tersebut di indonesia dan sudah menjadi rutinitas warga di indonesia. Dengan begitu apa jadinya jika suatu sekolahan kita berdekatan dengan tempat Industri Pabrik dan pastinya kita semua akan merasa terganggu dalam belajar nya bukan?. Nah kawan dengan kita melakukan kesadaran Go Green minimal kita sudah membantu menyelamatkan lingkungan dan diri kita bukaan...?




 Nah ini dia mungkin permasalahan yang sudah cukup lama di indonesia yang sampai sekarang belum terselesaikan yaitu macet dan polusi udara. Mungkin sebagian orang yang hidup di jakarta pasti akan menemui hal tersebut dan sudah menjadi makanan sehari-hari, kenapa tidak jumlah kendaraan semakin hari semakin meningkat, begitu juga jika kendaraan meningkat pasti selain macet polusi udara juga akan meningkat bukan?  betul tidaaaaak? hehe...



 Nah ini dia satu lagi kawan..... yaak betul " sampah " sampah hampir di mana-mana pun ada di sudut sekolahpun masih juga ada walaupun sudah banyak tempat sampah yang di sediakan oleh pihak sekolah. Mungkin sebagian besar orang masih belum mempunyai kesadaran dalam dirinya untuk memilah sampah dan membuang sampah pada tempatnya sehingga apa yang terjadi kawaan... sampah ada dimana-mana dan yang paling parah yaitu jika musim hujan tiba jika terlalu banyak sampah yang menumpuk dan menyumbat saluran air dan pasti yang terjadi adalah banjir.
seperti yang teman-teman lihat di atas sampah menggenangi air di sudut kota jakarta. Selain penyebab itu mungkin ada juga penyebab lain yaitu peningkatkan jumlah penduduk di kota-kota besar.

            Dengan semangat Go Green mari kita bersama-sama menjaga lingkungan tempat hidup kita dan melakukan gerakan perubahan dengan menjaga dan merawat alam semesta yang ada serta niat dari diri kita sendiri untuk merubahnya... setuju apa sangat setujuuu? .... 





                     Demikian dari saya yaa teman, tunggu postingan aku selanjut nya yaa hehe..... salam dari saya Wassalamualaikum Wr.wb.

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

 

Sample text

Sample Text